Workshop Radiologi Nasional Teknik Pemeriksaan Neuroradiologi & Tata Laksana Kontras Media

radiologiSabtu, 27 Agustus 2016 RSU Kota Tangerang Selatan mengutus dua orang Radiografer yaitu Nur Layali Ramandani Amd. Rad dan Aminah Ali Amd.Rad  untuk mengikuti Workshop Radiologi Nasional Teknik Neuroradiologi dan Tata Laksana Media Kontras. Seminar yang berlangsung dua hari ini diselenggarakan di Hotel Yasmin Tangerang. Pada hari pertama seminar ini membahas tentang pentingnya peranan modalitas canggih pada pemerikasaan Neuro Imaging serta tata laksana menggunakan kontras media untuk pemeriksaan Neuro imaging. Pembicara terdiri dari Dokter Spesialis Radiologi, Dr.dr Rusli Muljadi Sp.Rad (K), Radiografer Siloam Hospital Lippo Village, Ni Ketut Sutariniasih S.ST dan Canggih Picisan Amd. Rad. Sesi ini juga dilaksankan workshop atau pelatihan langsung menggunakan dua modalitas canggih yaitu CT – Scan dan MRI untuk pemeriksaan Advanced Neuro Imaging. Pelatihan langsung tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Untuk kelompok yang mengikuti pelatihan CT-Scan, peserta mengunjungi Siloam Hospital Lippo Village. Sedangkan untuk pelatihan MRI diselenggarakan di Aula Hotel Yasmin.

Seminar ini membahas tentang Tekhnik Neuroradiologi. Neuroradiologi digunakan untuk mendeteksi tumor, stroke dan juga infeksi. Neuroradiologi ini bisa dilakukan dengan dua modalitas yaitu CT- Scan dan MRI. Pada CT Scan biasanya disebut dengan CT Angiografi. Pada MRI biasa disebut dengan advanced Neuro Imaging. Advanced Neuro Imaging terdiri dari 4 teknik :

  1. Diffusion Wighted Imaging (DWI & DTI) untuk menilai pergerakan air pada sel tumor.
  2. Perfusion – Wighted Imaging (PWI) untuk melihat Dinamika perjalanan darah. Indikasi dilakukan tekhnik ini untuk mengevaluasi stroke, mengevaluasi tumor.
  3. MR Spectroscopy untuk mengukur metabolisme suatu jaringan pada tekhnik ini hal yang harus dihindari pada saat scanning adaah air, darah, udara dan tulang.
  4. Functonal MRI untuk menilai peningkatan aliran darah di dalam pembuluh darah yang diikuti aktivitas neuron di otak yang menjadi deoxyhemoglobim (paramegnetik) yang menimbulkan MR Signal

Selain itu, seminar ini juga membahas tentang tata laksana penggunaan kontras media. Semakin canggih suatu alat tentu akan berbea pula cara peakainya. Begitupula dengan penggunaan kontras media. Kemajuan teknologi CT-Scan ataupun MRI sangat pesat. Kemajuan CT Scan menuju pada scan time yang lebih cepat dan irisan yang lebih tinggi sehingga membutuhkan kontras media dengan delivery iodium yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan konsentrasi kontras media atau meningkatkan flow ratenya. Apabila hal ini tidak dilakukan dengan modalitas yang semakin canggih maka akan menghasilkan gambaran yang kurang baik.

Pada hari kedua seminar ini membahas tentang Quality Assurance Ultrasonografi (USG) dan Teknik Pemeriksaan Dasar USG Abdomen. Pembicara terdiri dari Sonografer RS Bhineka Bakti Husada Akhmadi S.ST M.Si, Sonografer RSU Kota Tangerang Selatan Susanti Angraeni S.ST.

 

Seminar ini memberikan ilmu yang sangat banyak untuk radiografer tentang pentingnya mengikuti kemajuan modalitas di bidang Radiologi untuk menunjang diagnosa pasien. Semoga ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan di lingkungan kerja RSU Kota Tangerang Selatan.

Related posts