Workshop Pelatihan Pencegahan Infeksi

IMG_4431Mikroorganisme penyebab infeksi pada manusia dapat disebabkan oleh berbagai agen pathogen eperti bakteri, jamur, virus dan pathogen laiinnya. Mikroorganisme sebagai penyebab kejadian infeksi nosokomial di rumah sakit dapat terjadi oleh karena menular secara kontak, droplet atau melalui udara.  Secara kontak bisa melalui tangan petugas, pendamping orang sakit, bersinggungan dengan alat kesehatan atau benda-benda lainnya yang berada di rumah sakit yang kurang higienis.

Pada penularan secara droplet dapat terjadi akibat mikroorganisme berpindah melalui butiran infeksius yang dilontarkan ke udara dalam jarak kurang lebih 1.5 meter oleh penderita infeksius dan terhirup oleh orang lain yang sehat.

Sedangkan penularan secara air borne dapat disebabkan karena mikroorganisme berpindah melalui butiran yang lebih halus dan bergerak mengikuti arus udara dalam jarak yang cukup jauh dan terhirup oleh orang lain yang sehat. Penularan secara droplet maupun air borne umumnya terjadi pada mikroorganisme penyebab infeksi saluran pernafasan atau infeksi virus.

Dalam workshop yang diadakan pada Hari Selasa, 18 Agustus 2015, di RSU Tangerang Selatan yang diadakan oleh dettol, seluruh peserta diberikan penyuluhan mengenai berbagai jenis mikroorganisme di RS, cara transmisi mikroorganisme, Reservoir mikroorganisme di RS, berbagai populasi berisiko infeksi di RS, berbagai prosedur pengobatan berisiko infeksi dan upaya pencegahan penularannya.

IMG_4428

 

 

Related posts