RSU Tangsel Layani Vaksinasi Polio

PIN-Polio-2016_RSU-Kota-Tangsel

Mendukung program pemerintah pusat demi tercapainya eredikasi polio di dunia pada akhir 2020, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) turut melayani vaksinasi polio pada Pekan Imunusasi Nasional (PIN) Polio 2016. Pelaksanaannya mulai 8 hingga 15 Maret 2016.

PIN Polio 2016 ini ditujukan bagi balita berusia 0 hingga 59 bulan. Diketahui, hingga 11 Maret 2016, tercatat sudah 140 anak balita diimunisasi di RSU Kota Tangsel. Sedangkan anak yang baru lahir, secara otomatis langsung diimunisasi.

“Kita targetkan memberikan vaksin kepada 500 anak. Alhamdulillah hingga 11 Maret, jumlah yang diberi vaksin polio cukup signifikan dan sudah mencapai 100 lebih anak,” kata Kabid Non Medis pada RSU Kota Tangsel, dr Tri Utami Pertiwi.

Ia menambahkan, sasaran pemberian vaksin Polio di RSU Kota Tangsel adalah anak-anak yang sedang dirawat di Rumah Sakit selama masa pelaksanaan PIN Polio. Tak hanya itu, siapa pun yang belum diimunisasi, termasuk pengunjung rumah sakit bisa diberikan vaksin polio secara gratis.

“Terkadang kan staf-staf belum tentu memiliki waktu untuk imunisasi di luar. Maka itu, kami ajak minta anaknya untuk diberi imunisasi di RSU Kota Tangsel,” Tri Utami menambahkan.

Direktur RSU Kota Tangsel, dr Maya Mardiana MARS menambahkan Pemkot Tangsel terus menyosialisasikan PIN Polio 2016. Di antaranya, melalui sosialisasi yang dilaksanakan Dinas Kesehatan dan RSU Kota Tangsel.

“Imunisasi wajib diberikan pada anak dan merupakan hak anak. Saya berharap tidak ada orangtua yang melarang sang anak mendapat vaksin. Bahkan mendukung anak-anak Indonesia serta mengimbau untuk diimunisasi,” tandasnya.

Kenapa harus diimunisasi? dr Maya mengaku, imunisasi polio ini penting dan bermanfaat bagi kekebalan tubuh. Contohnya, bila kuman polio datang, anak yang sudah diberi imunisasi sudah membentengi diri dengan vaksin dan kuman langsung ditolak oleh tubuh.

“Masyarakat tidak perlu khawatir saat anaknya diimunisasi, karena pemberian imunisasi di RSU dilakukan dengan pengawasan dokter spesialis anak. RSU juga membentuk tim KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), ini penting untuk kasus jika ada KIPI di Kota Tangsel,” tandasnya.

Sumber : http://palapanews.com/2016/03/14/rsu-tangsel-layani-vaksinasi-polio/

Related posts