RSU Kota Tangsel Ikut Pameran di Ajang Harganas XXII, Puspiptek Serpong

Stand-RSU-Kota-Tangsel-660x330

Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel mengikuti pameran sosialisasi pelayanan Rumah Sakit serta beberapa bidang program unggulan yang ada di RSU milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel ini di ajang Harganas XXII 2015 di Tangsel.

Sebanyak 22 stand Rumah Sakit Umum (RSU) dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang berada di Kota Tangerang Selatan turut serta mengikuti pameran sosialisasi program dan keunggulan pelayanan dari masing-masing Rumah Sakit tersebut. Pameran di gelar di gedung graha widya bakti, Puspiptek Serpong. Rabu (29/07).

Panitia penyelenggara dr.Asep Sopari.Mkes yang juga sebagai Kepala Bidang Perawatan di RSU Tangsel, mengatakan bahwa kegiatan pameran ini dalam rangka mengikuti seminar kesehatan dan menyambut datangnya Hari Keluarga Nasional, maka untuk memeriahkan, diadakanlah pameran tersebut.

“Program yang kita usung adalah tentang potensi kesehatan yang ada di Tangerang Selatan melalui pameran ini, maka masing-masing Rumah Sakit dapat mensosialisasikan program keunggulan mereka,” ungkapnya

Asep juga mengatakan selain Rumah Sakit yang mengikuti pameran, acara ini juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), BNN dan BATAN yang ikut serta meramaikan acara ini.

RSU Kota Tangsel dalam pameran tersebut mensosialisasikan program unggulan tentang pelayanan Rumah Sakit yang masuk dalam klasifikasi tipe C, dan wajibnya hanya empat dasar spesialis yaitu Anak, Bedah, Internis dan Kebidanan. Namun RSU Kota Tangsel sudah memiliki lebih dari spesialis empat dasar tersebut.

“Walaupun RSU Tangsel sekarang ini masih menjadi Rumah Sakit golongan Tipe C, selain spesialis Anak, Bedah, Internis dan Kebidanan. RSU Tangsel juga sudah mempunyai dokter spesialis yang menangani Ortopedi, Saraf, Jiwa, Mata, dan Jantung. Dan itu sudah menjadi keunggulan RSU Tangsel yang masuk dalam golongan Rumah Sakit tipe C,” jelas Asep

Selain fasilitas yang menunjang, RSU Tangsel juga memberikan pelayanan pengobatan dan perawatan gratis bagi warga masyarakat yang mempunyai E-KTP Tangerang Selatan (Tangsel) dan bisa juga dengan BPJS jika ada pasien yang perlu mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit yang fasilitasnya lebih lengkap lagi.

“Ada empat kategori yang menjadi program pelayanan di RSU Kota Tangsel yaitu, pengobatan gratis yang menggunakan E-KTP Tangsel, lalu pengobatan dengan menggunakan BPJS, kemudian pelayanan umum dengan membayar sesuai administrasinya, dan pengobatan gratis bagi pasien terlantar jika ada rekomendasi dari Dinas Sosial, misalnya ada tunawisma yang bukan warga Tangsel dan sedang dilakukan perawatan, maka rekomendasi dari Dinas Sosial harus segera ditindak lanjuti agar dapat dilakukan penanganan yang lebih serius,” kata Kabid Perawatan RSU Tangsel.

Selain itu RSU Tangsel juga sedang mempersiapkan penambahan Poli baru yang akan dibuka untuk umum pada 1 Agustus 2015, dan perencanaan pendaftaran yang dapat dilakukan melalui sistem online, nantinya.

“RSU Kota Tangsel juga selalu melakukan evaluasi yang diadakan setiap satu minggu sekali untuk terus dapat memberikan pelayanan yang terbaik melalui management complaint, jika ada laporan tentang keluhan pasien yang berobat di poli maupun yang sedang dirawat inap, itu akan dibahas dan dicari solusi yang terbaiknya saat evaluasi tersebut,” tutur Asep.

Dr.Asep Sopari juga menghimbau kepada masyarakat yang datang ke RSU Tangsel untuk mengikuti peraturan dan ketentuan yang ada. “Bagi masyarakat yang datang ke RSU Kota Tangsel dan belum tahu tentang prosedur pelayanan yang ada, tolong diikuti ketentuan dan prosedur yang berlaku, RSU Tangsel tidak pernah ada yang namanya istilah menjual kamar, dan tidak ada istilah pasien titipan, semua kami perlakukan sama, dan kami akan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada,” tutupnya.

Sumber : Suara Tangsel

Related posts