Makanan Yang Menjadi Biang Kerok Munculnya MIGRAIN

Migrain adalah kondisi sakit kepala sebelah yang dialami sebagian dari kita.

Munculnya masalah ini sering membuat kita kesulitan untuk fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Munculnya Migrain ini sendiri bisa dipicu berbagai kondisi termasuk dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang menjadi biang kerok munculnya Migrain.

1. Pisang

Para ilmuan menduga bahwa makanan yang kaya potassium menjadi penyebab munculnya Migrainpada orang yang sensitif terhadap zat tyramine. Kandungan zat potassium merupakan salah satu kandungan mineral yang cukup banyak dikandung buah pisang.

2. Daging yang di Awetkan

Daging yang telah melalui proses pengawetan dapat memicu munculnya Migrain dan sakit kepala, hindarilah daging-daging yang melalui proses pengawetan seperti di asap, siasinkan, difermentasi, dan diasamkan seperti pepperoni, hot dog, ikan sarden, kornet dan lain-lain.

3. Keju yang Diawetkan

Tyramine merupakan salah satu bentuk protein terdapat pada keju yang diawetkan. Umur keju berpengarunh pada jumlah Tyramine yang terbentuk. Sayangnya, Tyramine adalah zat asam amino yang memicu sakit kepala.

4. Zat Tambahan Pada Makanan

Zat tambahan seperti MSG, Sulfites, Nirites, dan Aspartame dapat menjadi penyebab munculnya Migrain. MSG atau Monosodium Glutamat berfungsi sebagai penyedap rasa, Sulfites merupakan pengawet buah-buahan kering dan wine. Nirites berfungsi untuk mengawetkan daging, sedangkan Aspartame bermanfaat sebagai pemanis buatan pada minuman dan permen karet.

5. Kafein

Kopi, teh, minuman bersoda, dan energy drink termasuk minuman yang memiliki kafein. Ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein, maka hasilnya adalah munculnya Migrain.

6. Alkohol

Alkohol dapat menaikan tekanan darah ke otak kamu loh. dan menimbulkan dehidrasi. Kedua hal itu dapat menjadi penyebab timbulnya migrain.

 

Enam hal tersebut adalah deretan bahan makanan dan minuman yang bisa menyebabkan masalah migrain dan sakit kepala pada seseorang. Jika kamu rentan dengan masalah ini, sebaiknya jauhi makanan ini

Sumber : Koran Kompas (21 Februari 2019)

 

 

Related posts