Kenali Sejak Dini Kanker Serviks

Kenali Sejak Dini : Kanker Serviks

 

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang organ reproduksi pada wanita. Kanker serviks merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak nomor dua di negara berkembang, setelah kanker payudara. Di dunia setiap satu menit satu orang meninggal dunia karena kanker serviks. Sedangkan di Indonesia satu orang meninggal setiap satu jam karena kanker serviks.

 

Apa saja pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker serviks?

 

WHO menyatakan bahwa 43% kanker dapat dicegah. Kanker serviks seperti kanker lainnya berhubungan erat dengan pola hidup seseorang, sehingga dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari faktor risiko terserang kanker. Terjadinya penyakit kanker terkait dengan beberapa faktor risiko, seperti kebiasaan merokok, menjadi perokok pasif, kebiasaan minum alkohol, kegemukan, pola makan yang tidak sehat, perempuan yang tidak menyusui, dan perempuan melahirkan di atas usia 35 tahun.

Selain itu, pencegahan yang dapat dilakukan adalan melakukan pemeriksaan rutin. American Cancer Society menyatakan bahwa terjadi penurunan angka yang drastis sebanyak 40% pada jumlah kematian wanita di Amerika akibat kanker serviks dengan peningkatan kesadaran untuk melakukan pemeriksaan rutin berupa pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) atau pap smear.

Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki Poli Kebidanan yang melayani pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dari pukul 09.00 WIB, setiap hari Senin sampai Jum’at, di poli ini ada tiga orang dokter jaga yang bertugas, baik saat emergency pada malam atau pun di hari libur.

 

Sumber : dr. Abdul Samad, SpOG

 

Related posts