Cara Sehat Jaman Now !

cara idup sehat

Saat ini, banyak penyakit tak menular yang makin berkembang menjadi penyakit mematikan. Contohnya diabetes, sakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol. Padahal, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah sedini mungkin hanya dengan satu cara: menerapkan pola dan kebiasaan hidup sehat.

Apalagi, di era modern seperti saat ini, gaya hidup masyarakat berubah menjadi lebih pasif, alias sedentary lifestyle. Akibatnya, tubuh kurang aktif secara fisik, sementara asupan makanan sehari-hari tak lagi memenuhi kebutuhan gizi harian yang penting, seperti konsumsi makanan instan, berminyak, dan tinggi kalori.

Nah, untuk melawan risiko penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup jaman now, Anda bisa terapkan gaya hidup sehat jaman now. Hmm, seperti apa ya gaya hidup sehat jaman now?

Rajin Berolahraga

Olaraga Teratur

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang perlu dilakukan secara teratur setiap hari, lho! Tapi, berolahraga tak harus berarti ke lapangan atau ke gym. Soalnya, aktivitas seperti jogging, lari pagi, atau bersepeda juga merupakan olahraga, kan? Dan Anda bisa menerapkannya di sela-sela aktivitas seharian, sesibuk apapun Anda. Contohnya dengan bersepeda saat bepergian ke tempat-tempat yang dekat, atau malah bersepeda ke kantor atau sekolah. Cukup luangkan 30 menit per hari, rajin olahraga bisa berikan manfaat besar untuk tubuh, lho!

Konsumsi Buah dan Sayur

Cara Hidup Sehat

Siapa yang tak tahu manfaat buah dan sayur untuk kesehatan tubuh? Selain rendah kalori dan kaya vitamin serta mineral, buah dan sayur juga tinggi serat yang baik untuk memperlancar pencernaan. Di samping itu, ada kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa menangkal radikal bebas hingga risiko kanker!

Stop Merokok

Cara Hidup Sehat

Selain membuang-buang uang, kebiasaan merokok juga membahayakan kesehatan karena kandungan racun yang terdapat di dalamnya. Apalagi, merokok juga meningkatkan risiko penyakit mematikan seperti kanker hingga impotensi dan gangguan kehamilan serta janin.

Jaga Berat Badan

Cara Hidup Sehat

Selain menimbulkan masalah kepercayaan diri, berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes. Sementara itu, berat badan yang kurang berkaitan dengan nutrisi yang buruk, seperti malnutrisi, kekurangan vitamin, osteoporosis, dan anemia. 

Jaga Kesehatan Mental

Selain tubuh, jaga juga kondisi kesehatan mental dan pikiran. Caranya adalah dengan mengelola stres dan membangun lingkungan pergaulan yang positif. Soalnya, tekanan pada pikiran juga bisa memengaruhi fisik.

Cukup Beristirahat

Setelah beraktivitas seharian, pastikan Anda beristirahat dengan cukup, yaitu tidur selama 6-7 jam di malam hari. Hal ini akan memulihkan kondisi tubuh dan kinerja berbagai organ hingga sel-sel penting, dan pastinya menyegarkan pikiran agar bebas stress.


Sumber Artikel : promkes.kemenkes.go.id


Related posts