Alur Pelayanan Kesehatan

Rumah Sakit adalah sebagai unit usaha pelayanan kesehatan yang berfungsi sosial. Seiring dengan pengembangan RSU Kota Tangerang Selatan dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga sosial, RSU Kota tangerang selatan sudah bekerjasama dengan program pemerintah dalam penjaminan kesehatan masyarakat Kota Tangerang Selatan, antara lain

1. JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS ini adalah perusahaan asuransi yang kita kenal sebelumnya sebagai PT Askes.

Bagi peserta yang dahulu menjadi peserta Jamkesmas lama (sebelum tahun 2013) dan tidak lagi menjadi peserta PBI JKN dapat mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN non PBI melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang dahulu adalah PT Askes Persero) di kantor cabang terdekat atau secara online (http://bpjs-kesehatan.go.id/statis-17-pendaftaranpeserta.html). Apabila peserta tersebut masuk ke dalam kategori Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja, maka ada 3 (tiga) jenis iuran yang bisa dipilih disesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga.

Alur Pelayanan JAMKESMAS

alur pelayanan jamkesmas

2. JAMKESDA (Jaminan Kesehatan Daerah)
Program jaminan kesehatan Daerah Kota Tangerang Selatan memberikan perlindungan social dibidang kesehatan untuk menjamin masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah kota tangerang selatan agar kebutuhan dasar kesehatan yang layak dapat terpenuhi.
alur pelayanan jamkesda
Kartu jamkesda tangerang selatan dapat digunakan untuk :
1. Rawat jalan poliklinik spesialis dengan membawa surat rujukan dari puskesmas setempat yang ada di Kota Tangerang Selatan.
2. Rawat Inap
3. Operasi
4. Pelayanan Gawat Darurat (Pengertian gawat darurat yang langsung ke rumah sakit betul-betul memerlukan tindakan cepat serta alat, jika masih bisa ditangani di puskesmas maka tidak dijamin)
4. ASKES (Asuransi Kesehatan)
Pelayanan kesehatan yang diberikan bagi peserta askes dengan syarat dan ketentuan yang diatur oleh PT. Askes (Persero).
Syarat menggunakan kartu ASKES :
1. Foto copy kartu ASKES dengan menunjukkan kartu ASKES yang asli
2. Surat Rujukan ASKES dari puskesmas / dokter keluarga yang ada di Kota Tangerang Selatan
alur pelayanan kesehatan pasien

3. Pelayanan Kesehatan Gratis E- KTP
Pelayanan kesehatan gratis E-KTP adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penduduk Kota Tangerang selatan tanpa dipungut biaya (gratis) dengan menunjukkan E-KTP dan rujukan puskesmas di wilayah Kota Tangerang Selatan yang sudah diverifikasi oleh puskesmas (tidak memiliki jaminan kesehatan lainnya). Setiap pasien E-KTP akan dibayarkan penuh biayanya oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan, sehingga RS tetap akan mendapatkan hak selama melayani pasien Gratis E-KTP.

Pelayanan kesehatan gratis E-KTP di RSU Kota Tangerang selatan ini mulai dilaksanakan Tanggal 1 September 2013.