Seminar Epidural Anestesi

IMG-20160829-WA0002Epidural Anestesi

Epidural anestesi adalah salah satu tehnik anestesi regional yang dilakukan dengan cara memasukkan obat anestesi lokal  ke dalam rongga epidural dengan menggunakan tehnik dan alat khusus. Dengan masuknya obat anestesi lokal diharapkan timbul blok nyeri pada area tertentu.

Bila dibandingkan dengan spinal anestesi epidural anestesi tidak akan terlalu menimbulkan efek samping hipotensi, dapat digunakan untuk prosedur operasi yang lama, dapat digunakan untuk analgesia setelah operasi, akan tetapi epidural anestesi memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan spinal anestesi untuk waktu kerja obat.

Epidural anestesi dapat dilakukan dengan pemberian obat sekali suntik ataupun berkelanjutan dengan menggunakan kateter langsung menuju rongga epidural.  Keuntungan dengan menggunakan kateter adalah epidural anestesi dapat diterapkan pada operasi-operasi ektremitas inferior atau tubuh bagian tengah dan bawah yang berlangsung lama.

Posisi rongga epidural yang sulit dicapai menyebabkan diperlukan tehnik khusus agar kateter dan obat anestesi lokal dapat mencapainya.  Karena rongga epidural merupakan ronggal yang vaccum maka ada beberapa tehnik yang dapat dilakukan untuk mencapainya, diantara loss of ressistance dan hanging drop.

Keuntungan lain dari epidural anestesi adalah dapat digunakannya kateter epidural yang telah terpasang untuk analgesia setelah operasi. Pemberian analgesia dapat dilakukan secara intermiten maupun berkelanjutan dengan menggunakan alat pompa spuit otomatis.

Beberapa obat anestesi lokal yang dapat digunakan untuk epidural anestesi diantaranya bupivacain, lidocain, dan cloroprokain. Obat-obat anestesi lokal ini terutama berbeda waktu mulai kerja dan durasi kerja obatnya.

Meskipun memerlukan tehnik khusus untuk melakukan epidural anestesi, tehnik merupakan pilihan yang untuk operasi-operasi ekstremitas bawah, abdomen, juga torakal pada beberapa kasus yang memerlukan waktu prosedur yang lama.  Dan juga karena dapat digunakannya kateter epidural untuk analgesia setelah operasi sehingga pasien menjadi lebih nyaman.

 

dr.Danny

 

Related posts